Potret Jakarta, 2017

Sedikit cuplikan Jakarta di tahun 2017, bukan 1989 –

Saya bukan seorang yang mengikuti naik turunnya, keluar masuknya, dunia politik. Toh buat apa. Bahkan tadinya pun saya tidak mau mengikuti cerita Ahok, tapi mungkin kali ini agak susah. Karena akhirnya, setelah sekian lama, Indonesia– Jakarta– berkenalan dengan seorang figur yang sungguh rela, mau, dan berani untuk memperkenalkan kata perubahan; dan terlebih lagi, rela, mau, dan berani untuk melakukan perubahan. Nggak usah muluk-muluk dengan omong kosong, tapi lihatlah hasil-hasil yang sudah berhasil dibuat. Sudah, itu saja tolok ukurnya. (Dan jika masih ada yang bilang tidak ada, maaf, mungkin ada baiknya Anda mengecek gejala schizophrenia.)


Keputusan Majelis Hakim untuk akhirnya memenjarakan Ahok 2 tahun sudah dibuat– atas landasan apa, ya saya dan teman saya yang lawyer pun juga masih berdebat. Maksudnya, nggak jelas. Tapi ya sudah, kita terima saja. Apa lagi kah yang bisa kami perbuat? Ya sudah lah.


Indonesia, kesayangan, apa yang sedang terjadi? Nilai-nilai apa yang sedang dijunjung, nilai-nilai apa yang harus kami, kaum muda, ajarkan anak-anak kami kelak? Bahwa kesuksesan hanya berpusat kepada apakah kamu kaum minoritas atau mayoritas, dimana bahkan hukum pun jadi arena permainan? Apakah begitu?


Sulit untuk hati dari setiap kami untuk tidak ikut sakit mengikuti alur cerita ini. Karena itu tadi, ini adalah cerminan dari situasi di Indonesia saat ini; Ahok hanyalah sebagian kecil yang kelihatan (the tip of the iceberg). Dan ketika cerminan itu sebegitu penuh distorsi, dimana lagi kah kami harus memijakkan kaki kami?


Ahok, sing kuat yo. Kalau kata mantra saya setiap saya jatuh, “this too shall pass.” In this case, I too hope that something even better will come out of this— kalau tidak, ya hmm.. mungkin agak terlalu sayang pengorbanan.


Saya mah nggak salam satu, dua, atau sepuluh jari, saya mah salam Persatuan Indonesia aja ya.

Leave a Reply

