Waktu Butuh Waktu

“Makin dewasa, hidup ternyata tidak jadi lebih mudah ya Tuhan? Sampai hari ini aku masih belum mengerti soal banyak hal. Mau jadi apa, harus membawa hidup ke arah mana, sampai kelak berbagi hidup dan bercinta dengan siapa.  Tapi satu yang pasti – aku tahu Kamu ada.”

Seperti layaknya kota Jakarta di bulan-bulan akhir tahun, hari-hariku juga ikut mendung. Berada di persimpangan antara melepas masa kuliah dan memulai hidup berkarir itu bukan transisi yang semudah menjetik jari. Banyak faktor-faktor lain yang terkait di dalamnya: Hidup ini mau dibawa kemana, hari-hari ini mau diarungi dengan siapa, ataupun besok-besok mau membuka atau menutup lembar apa.

Seribu tanda tanya menguntai di setiap pagi dan malam. Jangan lupakan beberapa tanda kurung dan tanda seru yang juga ada di dalam setiap perhitungan tentang hidup. Alhasil, berjuta-juta kecemasanlah yang menjadi hasil jawabannya.

Terkadang kita pun lelah tidak mengetahui apa-apa. Bohong semua pemikiran lugu kita dahulu yang mengira kita akan tahu segalanya saat kita beranjak dewasa. Bukti nyatanya adalah kita hanya terlempar ke suatu dimensi baru yang juga entah berantah keberadaannya.

Kita itu sebenarnya dimana? Kita itu sebenarnya mau kemana?

Datang si elemen waktu.

Katanya sih si waktu inilah yang akan membuktikan semuanya dan menaruh semuanya ke tempatnya masing-masing. Atau yang akan menyortir hidup menjadi kategori-kategori yang akan disimpan dengan rapih menurut kategorinya masing-masing.

Akurasinya masih diragukan dan kebenarannya masih menjadi kotak kosong yang masih menunggu dicentang. Akupun tidak tahu bagaimana cara bekerjanya.

Tapi, ya, kita lihat saja nanti. Toh kita hanya membutuhkan waktu.

Dan waktu pun hanya membutuhkan waktu.

Mungkin suatu saat nanti, di masa depan yang tidak terlalu jauh lagi, waktu akan menyelesaikan apa yang seharusnya ia selesaikan.

Dan yang tadinya berserakan akhirnya akan tertata rapih dan baik-baik saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s